STPI Bersama Pemkab Sumenep Menggelar Diseminasi Hasil Penanggulangan TBC 

Foto Bersama para undangan dan Kabid P2P Dinkes Provins Jawa Timur, Wakil Bupati Sumenep, Direktur Eksekutif STPI dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep. (Sumber Foto: Fauzi)

Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, bersama Stop TB Partnership Indonesia (STPI) menggelar diseminasi hasil program penanggulangan Tuberculosis (TBC) pada, Kamis (08/12/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Wiraraja Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Sumenep oleh Ibu Hj. Dewi Kholifah, S.H, M.H,

M.Pdi, Drg. MVS. Mahanani, M.Kes. perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Agus Mulyono, MCH selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep.

Tidak hanya itu saja, beberapa perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan dan pengasuh pondok pesantren turut berpartisipasi dalam rangkaian acara tersebut.

Diketahui TBC adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Umumnya TBC menyerang paru-paru, namun dapat juga menyerang organ tubuh lainnya seperti kelenjar, otak, lambung, dll.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep tahun 2018 hingga 2019, tren kasus TBC di Kabupaten Sumenep terus mengalami kenaikan, dari 1.712 menjadi 1.924 kasus.

Situasi tersebut memberikan gambaran bahwa dibutuhkan penanganan penanggulangan TBC yang lebih sistematis dan terintegrasi secara multisektoral.

Sebagai lembaga yang turut membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan TBC, STPI menginisiasi program penguatan kapasitas pemerintah daerah dan masyarakat untuk mencapai eliminasi TBC. Program ini dilaksanakan dengan memilih Kabupaten Sumenep sebagai pilot program.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca