Sumenep Menargetkan 845.160 Ribu Vaksinasi di Tahap Ketiga, Ini Sasarannya

Ilustrasi vaksinasi tahap ketiga khusus remaja. (Istimewa).

Sumenep – Setelah tahap pertama hingga tahap kedua proses vaksinasi yang ditujukan kepada tenaga kesehatan (Nakes), pelayan publik, dan lansia (lanjut usia) berhasil dilakukan, kini tahap ketiga akan beralih pada masyarakat umum dan pemuda sebagai sasarannya.

Intensitas vaksinasi ini dilakukan tidak lain hanya untuk mencegah penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih belum juga usai.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono memaparkan, bahwa proses vaksinasi tahap ini sudah mulai dilakukan.

“Vaksinasi sekarang ini untuk mencapai kekebalan kelompok, sasaran barunya yakni remaja,” ungkap Agus, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Minggu (18/07/2021).

Bagi masyarakat yang merasa masuk pada daerah rawan terpapar Covid-19 ditekankan untuk bersedia melakukan vaksinasi, agar kekebalan tubuhnya dapat terlindungi. Terlebih baru-baru ini ditemukan virus varian baru.

“Apalagi saat ini ada varian baru virus Covid-19 delta,” imbuhnya.

Tujuan vaksinasi ini memang untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus, sebab menurut keterangan Agus, dengan adanya vaksinasi maka imun tubuh akan semakin kuat untuk mencegah serangan Covid-19.

BACA JUGA:  Hari Kanker Sedunia, Apa itu?

“Kalau dulu sebelum pandemi Covid-19 ini, orang yang ingin umrah itu kan ada vaksin influenza. Nah itu untuk membentuk perlindungan diri terhadap virus. Sama sekarang ini ada vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, proses vaksinasi tahap ketiga di Kabupaten Sumenep, mempunyai target keseluruhan sebanyak 845.160 ribu, dengan rincian 618.588 ribu untuk masyarakat umum, dan 91.708 ribu untuk pemuda atau remaja.

“Pelaksanaan vaksinasi khusus remaja ini sudah berlangsung menurut ketersediaan vaksin. Siapapun yang sudah remaja boleh divaksin,” katanya.

Sebanyak jumlah target yang telah disebutkan di atas, harus dapat terealisasi kepada 70 persen dari seluruh jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Sumenep. Khususnya masyarakat umum dan remaja.

“Vaksinasi ini kan sudah ada jaminan dari pemerintah, tentu ada manfaatnya,” Pungkas Agus Mulyono.

Tinggalkan Balasan