Warga Sampang Geram, Tutup Drainase Rawan Hilang

Tutup Drainase Hilang di Jalan Syamsul Arifin, Kelurahan Polagan, Kecamatan / Kabupaten Sampang (Doc. Anaf For Madura Pers)

Sampang – Penutup saluran drainase yang biasa disebut grill, yang berada di Jalan Syamsul Arifin, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang rawan hilang, disinyalir digondol maling. Hal tersebut membuat warga geram.

Menurut warga sekitar, Abdullah menuturkan, diperkirakan tutup drainase tersebut hilang sekira pukul 03.00 WIB, saat kondisi sepi.

“Diperkirakan pelaku beraksi saat sepi, sekira pukul 03.00 WIB. Hal itu membuat kami geram, karena tidak ada tindakan tegas dari dinas terkait,” ungkapnya.

Ia menambahkan, salah satu dampak nyata hilangnya tutup drainase adalah pada kebersihan saluran air itu sendiri. Sebab, jika menganga, maka sampah akan rentan masuk ke saluran air.

“Kalau sampah masuk, saluran bisa tersumbat dan mendangkal. Nah ini merugikan warga di sekitar atau pengguna jalan. Sebab bisa menyebabkan air meluber karena saluran tersumbat,” ujarnya.

Lalu, efek lainnya adalah pada kerawanan pengendara di sekitar drainase yang menganga. “Kalau malam hari dikhawatirkan membahayakan pengendara, karena lubangnya cukup besar dan bisa terperosok,” katanya.

BACA JUGA:  Satlantas Polres Sampang Bagikan Nasi Bungkus bagi Warga yang Terdampak Banjir

Sedangkan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sampang, RP Muhammad Zis membenarkan, bahwa tutup drainase yang berada di Jalan Syamsul Arifin sering hilang.

“Disitu memang rawan mas,. Sudah dipasang hilang lagi,” tutur Muhammad Zis saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp-nya, Selasa, (04/01/2022).

Setiap ada kehilangan, pihaknya berusaha untuk memasang kembali tutup drainase tersebut.

“Mohon dengan hormat, untuk masyarakat sekitar saling menjaga,” himbaunya.

Pihaknya akan menginventarisasi kembali untuk perbaikan, “akan kami anggarkan untuk perbaikan tahun ini,” tuturnya.

Kasus pencurian ini, kata Muhammad Zis, belum dilaporkan ke pihak kepolisian. Namun Ia berharap agar warga bisa turut menjaga atau memantau potensi pencurian serupa di sekitarnya.

“Kita berharap warga juga bisa ikut memantau. Tentu penting sekali peran warga juga untuk mengawasi bersama-sama,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan