Indonesia-Malaysia Sepakati Kerja Sama Sertifikasi Halal

MoC Indonesia-Malaysia tentang sertifikasi halal
Sekjen Kemenag bersama Ketua Pengarah JAKIM Datuk Hajah Hakimah binti Mohd Yusoff (Sumber: Kemenag RI, 2023).

Jakarta – Pemerintah Indonesia dengan Malaysia akan segera mewujudkan kerja sama halal antar negara. Saat ini, draft Memorandum of Cooperation (MoC) sertifikasi halal kedua negara sudah final, Sabtu (11/2/2023).

Mengutip dari Kemenag RI, kerja sama halal Indonesia-Malaysia yang akan segera terwujud dalam waktu dekat ini terungkap dalam pertemuan Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nizar dengan delegasi Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) didampingi Atase Agama Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Draft Memorandum of Cooperation (MoC) sudah final kalaupun ada revisi silakan didiskusikan bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag dengan JAKIM dan Pengarah Majelis Halal Malaysia,” kata Sekjen Nizar.

Penjelasan itu ia sampaikan saat menerima Ketua Pengarah JAKIM Datuk Hajah Hakimah binti Mohd Yusoff yang memimpin delegasi di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta, Kamis (9/10/22).

“Kita berharap MoC halal Indonesia-Malaysia ini dapat ditandatangani saat Presiden Jokowi berkunjung ke Malaysia pada Juni mendatang,” sambung Sekjen.

Delegasi JAKIM yang hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Pengarah Kanan Bagian Dasar Kemajuan Islam, Ustaz Aminudin bin Mohamad, Pengarah Majlis Halal Malaysia, Ustaz Marzuki bin Hassan, Ketua Penolong Pengarah, Bagian Dasar Kemajuan Islam, Ustaz Jafri bin Abdullah, dan Atase Agama Kedutaan Besar Malaysia Ustaz Muhammad Naqzrul Azraf bin Mohd Nazarludin.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca