Jelang Pemilu 2024, Komisi I DPR-RI Minta LPP RRI Sampaikan Pesan Damai

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto saat memimpin rapat Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi I DPR RI ke LPP RRI Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/3/2023). Foto: Anju/nr (Sumber: Parlementaria, 2023).

Jakarta – Saat jelang Pemilu 2024, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto meminta LPP RRI Semarang untuk menyampaikan pesan yang baik dan bersifat damai, Jumat (31/3/2023).

Politisi Fraksi Partai PDI-P itu juga meminta kepada LPP RRI untuk menyampaikan pesan tersebut dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh masyarakat awam.

Intinya, kata Utut, RRI bisa memberikan penerangan yang sejuk, damai, dan bagi rakyat sangat jelas. Utut mengatakan lebih lanjut, beberapa poin yang bisa disampaikan oleh stasiun radio tersebut, seperti waktu pemilu dan edukasi kepada masyarakat terkait pemilu legislatif dan presiden.

“Kapan pemilunya, apa bedanya pemilu legislatif dan pemilu presiden, apa bedanya RI, Provinsi, dan Kabupaten, dan apa bedanya DPD biar tugas-tugas dari teman-teman LPP RRI,” kata Utut.

Ia juga meminta LPP RRI menyampaikan dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh masyarakat awam. “Dengan bahasanya yang sederhana, bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat kebanyakan,” ujarnya.

Utut juga memberikan apresiasi kepada LPP RRI Semarang karena sudah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Pemilu 2024. “Kita mengharapkan bisa mendukung, terutama infrastruktur stasiun-stasiun relay di masa mendatang,” katanya.

Kendati demikian, Utut juga berpesan agar stasiun radio, seperti RRI, bisa bersikap netral dalam menyampaikan berita terkait dengan Pemilu 2024. “Menjelang pemilu pada tahun 2024, LPP RRI semakin adil, semakin netral dan membawa pesan-pesan yang sifatnya damai. Itu saja yang bisa saya sampaikan.” pungkasnya.