Kirab Penyerahan Pusaka Keraton Sumenep, Bupati Fauzi Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Leluhur 

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat menerima pusaka Keraton Sumenep. (Sumber Foto: Fauzi)

Sumenep – Pusaka Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, dikembalikan ke tempat semula yang sebelumnya telah dilakukan penjemasan yang bertempat di Bhuju’ Agung, Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi. Senin, 8 Agustus 2022.

Diketahui sebelumnya, Terdapat 7 pusaka milik Keraton Sumenep dan 7 pusaka milik para leluhur masyarakat Desa Aeng Tong-Tong yang dilakukan penjemasan oleh para mpu dan masyarakat desa setempat.

Adapun prosesi penjemasan sejumlah pusaka warisan para leluhur desa setempat dan pusaka Keraton Sumenep tersebut, dilakukan oleh para mpu dan masyarakat desa Aeng Tong-Tong setempat sejak Sabtu (06/08/2022) kemaren.

Acara penyerahan pusaka Keraton Sumenep dipusatkan di Keraton Sumenep yang dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dan Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, selama proses penyerahan pusaka didampingi oleh para keturunan keluarga Keraton Sumenep dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forpimda) setempat yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia beserta semua pihak yang terlibat dalam rangka kirap penyerahan benda pusaka keraton Sumenep.

BACA JUGA:  Lestarikan Budaya Lokal, Anggota DPRD Sumenep Menggelar Parade Musik Tong-Tong

“Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa kepada panitia beserta semua pihak yang terlibat dalam acara penyerahan pusata Keraton Sumenep yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari,” katanya, Senin (08/08/2022).

Tinggalkan Balasan