Lima Negara Hampir Bebas Topeng

Sumber: Time of India, 2021.

Bangkalan – Di saat negara kita masih berjuang menangani pandemi Covid-19, ada 5 (lima) negara di dunia  yang sudah bebas topeng (masker) dan hampir bebas Covid-19. Melansir informasi dari Time of India, negara-negara ini telah berhasil melawan pandemi dan mulai menjalani kehidupan normal, seperti sebelum pandemi. Lima negara tersebut adalah Israel, Bhutan, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan China.

Israel menjadi negara pertama di dunia yang menyatakan negaranya bebas Covid-19. Pemerintah Israel telah mencabut aturan wajib masker, sehingga masyarakatnya kembali ke kehidupan normal. Hampir 70% penduduk di Israel divaksinasi dan bebas masker.

Bhutan menang melawan Covid-19 melalui program vaksinasi. Vaksinasi ini dilakukan pada 90% lebih populasi orang dewasa hanya dalam 2 (dua) minggu. Sejak awal pandemi, negara ini hanya melaporkan 1 (satu) kasus kematian. Meskipun Bhutan berbatasan dengan India dan Cina, negara ini tidak pernah benar-benar dilanda pandemi karena tindakannya yang tepat waktu. Selain itu, Bhutan juga mengendalikan situasi pandemi bahkan tanpa pernah melakukan lockdown.

Amerika Serikat telah menghentikan persyaratan menggunakan masker pada orang yang telah divaksinasi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengumumkan dan merilis panduan penggunaan masker. Dalam pengumuman ini memperbolehkan orang Amerika yang sudah divaksinasi virus corona tidak memakai masker di luar ruangan. Masker masih dipergunakan di tempat-tempat luar ruangan yang ramai, seperti stadion olah raga.

BACA JUGA:  Menuju Pilkades Serentak 2021, Ketua DPRD Sumenep Tekankan Vaksinasi

Selandia Baru layak mendapatkan pujian karena menangani situasi pandemi dengan sangat baik. Sejak dimulainya pandemi, negara ini hanya melaporkan 26 (dua puluh enam) kematian, berkat Perdana Menteri Jacinda Ardern. Karena tindakan dan keputusan cepat pemerintah, Selandia Baru saat ini bebas masker. Faktanya, beberapa hari yang lalu, sebuah konser telah diselenggarakan di Auckland, yang dihadiri oleh hampir 50.000 orang tanpa persyaratan jarak sosial dan masker.

China merupakan negara tempat dimulai Covid-19 hampir bebas masker dan hampir semua orang divaksinasi. China merupakan salah satu negara pertama yang terkena dampak paling parah Covid-19 di dunia. Saat ini China telah membuka pariwisatanya. Taman hiburan, restoran, dan hotel sekarang sepenuhnya terbuka di China.

Tinggalkan Balasan