Pembangunan Pasar Anom Blok Sayur Tahap I Mendapat Sorotan Aktivis

TITIK SURYATI
Titik Suryati, Inspektur Inspektorat Sumenep. (Istimewa)

Sumenep – Proyek pembangunan Pasar Anom Blok Sayur Tahap I di Kabupaten Sumenep, Madura, mendapat sorotan dari salah satu aktifis. Pasalnya, pada proyek ini diduga terdapat pengondisian oleh Kelompok Kerja (Pokja) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKo) setempat.

Hendro, selaku aktifis yang bersangkutan mengatakan bahwa pihak Inspektorat Sumenep yang dalam hal ini merupakan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harusnya dapat mengetahui terhadap segala proses berlangsungnya proyek yang dimenangkan tender CV. Bayu Jaya Abadi, dengan harga penawaran Rp. 2,73 miliar lebih ini.

“Harusnya APIP tahu tentang perubahan LDP 1 hingga LDP 2, jika tidak tahu dan tidak menyetujui, maka LDP 2 tersebut ilegal. Ini harus dipertanyakan, karena hal ini telah diatur oleh Keputusan Presiden (Kepres) dan  Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU),” ungkapnya, Selasa (14/09/2021).

Menurutnya, jika pihak APIP tidak tahu menahu mengenai Lembar Data Pemilihan (LDP) proyek tersebut, maka dapat dipastikan bahwa tender itu ilegal. Sedangkan jika ternyata APIP turut menyetujui terkait LDP itu, tentunya perlu dicurigai bahwa dalam hal ini pihaknya juga terlibat pada proses pengondisian.

BACA JUGA:  Permudah Pencairan BLT-DD, BPRS Bhakti Sumekar Tempatkan Pegawainya di Balai Desa

“Karena kalau Inspektorat Sumenep tidak tahu maka tender tersebut ilegal, karena perubahan tersebut harus disetujui oleh APIP, atau kalau menyetujui, maka berarti Inspektorat Sumenep ikut serta melakukan tindakan pembohongan publik dan ini sudah masuk tindakan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN)” tegasnya.

Mendasari tugas dan fungsi pihak Inspektorat sebagai APIP, dapat dilihat dalam Perpres nomor 16 tahun 2018 pasal 1 ayat 22, di sana dijelaskan bahwa APIP adalah aparat yang melakukan pengawasan melalui audit, reviu, pemantauan, evaluasi, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintah.

Tinggalkan Balasan