Erick Thohir: Semua Toilet di Pertamina Gratis

Erick Thohir
Erick Thohir, Menteri BUMN (Sumber foto: Akun Instagram @erickthohir)

Bangkalan – Menteri BUMN, Erick Thohir kaget menjumpai toilet di SPBU tidak gratis dan harus membayar 2000 – 4000 bagi masyarakat jika ingin menggunakannya.

Itu terjadi saat Erick Thohir berada di salah satu SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo.

Erick pun langsung menyentil Direksi Pertamina melalui postingan video di akun Instagram @erickthohir pada Senin, 22 November 2021.

Melalui video yang diunggah, Erick meminta pihak Pertamina untuk segera memperbaiki masalah tersebut.

Erick menjelaskan bahwa toilet di seluruh Pertamina gratis, baik milik pemerintah maupun milik swasta. Menurut Erick, SPBU sudah untung besar melalui penjulan bensin apalagi di sebagian SPBU sudah ada toko kelontong.

“Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah ada dapat dari jualan bensin, ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mustinya dapat fasilitas tambahan. Saya minta Direksi Pertamina untuk diperbaiki,” kata Erick lewat video yang diunggah di Instagramnya.

Lebih lanjut, Erick meminta seluruh kerja sama dengan pom swasta di bawah Pertamina, toiletnya tidak lagi berbayar dan harus digratiskan.

BACA JUGA:  Kejaksaan Agung Terima Uang Pengganti Rp 27,4 Miliar dari Koruptor George Gunawan

Di video yang diunggah itu, Erick berbincang dan menanyakan alasan toilet berbayar kepada penjaga toilet di salah satu SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo,

“Kenapa nggak gratis kan fasilitas umum,” tanya Erick.

“Saya kurang tahu pak, saya cuma kerja pak,” jawab penjaga toilet SPBU.

Penjaga toilet juga menjelaskan bahwa dirinya memang dipekerjakan untuk menjaga toilet. Jika ada yang mau menggunakan toilet tersebut, maka diharuskan membayar sebagai uang perawatan. Selain itu, penjaga toilet menyebutkan bahwa SPBU tersebut milik swasta, artinya mitra Pertamina.

Dilansir dari CNN Indonesia, Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina, Irto Ginting akan menggratiskan toilet di SPBU perusahaan. Agar terelialisi, pihaknya akan mengingatkan pemilik SPBU untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, termasuk menggratiskan toiletnya.

“Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” jelasnya kepada CNN Indonesia, Selasa (23/11).

BACA JUGA:  Utang Luar Negeri Indonesia di Tahun 2021 Naik Signifikan

Tinggalkan Balasan