Serahkan Bansos, Kapolda Jatim Pantau Kondisi Semeru Lewat Helikopter dan Dampingi DPR RI

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta secara seksama amati kondisi terkini Gunung Semeru, Kamis (9/12/2021) melalui udara (Sumber Foto : Fajar Yudha Wardhana)

Lumajang – Berangkat dari Base Ops Lanudal Juanda Sidoarjo, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda jatim, Kamis (9/12/2021) siang melakukan pantauan udara menggunakan helikopter terkait kondisi terkini Gunung Semeru sebagai analisa jalur turunan lahar. Selain itu kata Nico, panggilan karib Jenderal bintang dua ini, juga bertujuan sebagai pemetaan batas zona aman di sekitar lereng Gunung Semeru.

“Rekomendasi penanda wilayah batas aman dan rawan yang bertujuan membantu petugas dan masyarakat yang tergabung dalam SAR gabungan evakuasi,” jelas Nico.

Sewaktu pantauan udara, Kapolda Jatim menganalisa kawasan terdampak Awan Panas Guguran (APG) erupsi Gunung Semeru. Selanjutnya Nico memetakan jalur aliran lahar yang berdekatan dengan permukiman warga yang nantinya akan dibuat penanda.

“Dimana penanda tersebut akan mempertegas zona atau jalur yang berpotensi memiliki tingkat kerawanan bencana erupsi,” terangnya.

Penanda ini menurut Nico menjadi acuan peringatan dini kepada para petugas relawan hingga masyarakat yang tergabung dalam SAR gabungan sebagai satgas penanggulangan erupsi Gunung Semeru. Hasil analisa ini lanjut Nico akan dikoordinasikan dengan stake holder (pemangku kebijakan, Red) terkait.

BACA JUGA:  Sidang Praperadilan Bos SMA SPI Lawan Kapolda Jatim Tak Sesuai Jadwal SIPP, Ketum Komnas PA: Apa Ada yang Disembunyikan?

“Seperti Badan Vulkanologi, Basarnas, BPBD serta Pemda,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rabu (8/12/2021) Kapolda bersama Wakapolda Jatim melaksanakan pengecekan Posko Tanggap Darurat Bencana korban terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di lokasi pengungsian dan dapur lapangan Polri di SMPN 2 Helikopter dalam rangka kunjungan kerja (kunker) Komisi III DPR RI beserta rombongan.

Di lokasi ini terdapat sebanyak 127 orang pengungsi, yang terdiri dari 62 orang laki-laki, 65 orang perempuan. Rinciannya, yaitu dewasa 76 orang, anak – anak 25 orang, balita 12 orang dan lansia 16 orang. Mereka rata-rata berasal dari Desa Sumbersari Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, untuk pengungsi yang berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang terdapat sebanyak 1.202 orang yang tersebar di 6 lokasi pengungsian. Diantaranya SDN 2 Sumberurip, SDN 4 Supiturang, SMPN 2 Pronojiwo, Balai Desa Oro Oro Ombo, Balai Desa Ampel Gading dan Balai Kecamatan Jabung.

Dalam kunker Komisi lll DPR RI yang didampingi Kapolda dan Wakapolda Jatim ini melakukan pengecekan Posko Utama Bansos di Kantor Kecamatan Pronojiwo. Selanjutnya dilanjutkan pemberian bantuan sosial sembako secara simbolis yang diberikan oleh anggota Komisi III DPR RI Bambang D.H dan Wakapolda Jatim kepada perwakilan korban bencana alam Gunung Semeru.

BACA JUGA:  Wakapolri dan Irwasum Puji Vaksinasi Anak di Jatim

Bansos yang diserahkan berupa beras 5 ton, gula pasir 876 Kg, susu formula 18 karton, susu kental manis 16 Karton, kopi 54 karton, pampers 50 Karton, minyak goreng 66 karton, mie instan 35 karton dan baju bekas dewasa 500 pasang.

Anggota Komisi III DPR RI Bambang DH (berkemeja warna putih) serahkan secara simbolis bansos kepada perwakilan korban bencana alam Gunung Semeru

Tinggalkan Balasan