Presiden Jokowi: Pemilu Digelar 14 Februari dan Pilkada November 2024

Presiden RI, Joko Widodo
Presiden RI, Joko Widodo, menegaskan Pemilu akan digelar 14 Februari dan Pilkada pada November 2024 yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden (Sumber: Diskominfo Jatim, 2022).

Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo, menegaskan bahwa Pemilu akan digelar 14 Februari dan Pilkada pada November 2024, Senin (11/4/2022).

Dikutip dari Diskominfo Jatim, presiden juga menjelaskan tahapan Pemilu sudah dimulai nanti di bulan Juni 2022, karena dalam ketentuan UU 20 bulan sebelum pemungutan suara sudah mulai dipersiapkan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan pengantar dalam Rapat Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 pada Minggu (10/4/2022) yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden meminta seluruh jajarannya di Kementerian dan Lembaga serta pelaksana Pemilu, yakni KPU dan Bawaslu RI semakin memasifkan sosialisasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan, bahwa tanggal 12 April nanti KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 akan dilantik dan segera mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak di 2024.

“Oleh sebab itu, kita nanti perlu berbicara dengan KPU dan Bawaslu mengenai persiapan-persiapan ini agar persiapan Pemilu dan Pilkada yang, ini kita belum pernah punya pengalaman serentak, betul-betul bisa kita persiapkan dengan matang,” ujar Presiden Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah Menteri dan pimpinan lembaga.

Presiden Joko Widodo juga meminta agar segera dikejar terkait penyelesaian payung hukum regulasi yang dibutuhkan untuk Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Saya minta Pak Menko Polhukam komunikasi yang intens dengan DPR RI dan juga KPU sehingga perencanaan programnya ini bisa didetailkan lebih detail lagi, dan sehingga regulasi yang ada, yang disusun ini, tidak multitafsir dan nanti bisa menimbulkan perselisihan di lapangan,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca